Selasa, 05 Mei 2009

FLU SINGAPURA

"Flu Singapura" sebenarnya merupakan penyakit yang didunia kedokteran dikenal sebagai Hand, Foot, and Mouth Disease (HFMD) atau penyakit Kaki, Tangan dan Mulut ( KTM ).
Penyakit ini merupakan infeksi yang disebabkan oleh virus RNA yang masuk dalam famili Picornaviridae (Pico, Spanyol = kecil ), Genus Enterovirus ( non Polio ). Genus yang lain adalah Rhinovirus, Cardiovirus, Apthovirus..

Penyakit ini sangat menular dan biasanya terjadi pada musim panas. Biasanya menyerang anak-anak usia 2 minggu sampai 5 -10tahun. penularannya langsung dari orang ke orang yaitu melalui droplet, pilek, air liur (oro-oro), tinja, cairan dari vesikel atau ekskreta. Penularan kontak tidak langsung melalui barang, handuk, baju, peralatan makanan, dan mainan yang terkontaminasi oleh sekresi itu. 

Tanda-tanda Flu Singapura:
Tandanya seperti terkena flu biasa. Demam, leher sakit (pharingitis), nafsu makan hilang, pilek. Timbul sariawan pada lidah, gusi, pipi sebelah dalam sehingga sukar untuk menelan.
Timbul ruam namun tidak gatal ditelapak tangan dan kaki. Terkadang suam juga timbul di bokong. Biasanya penyakit ini sembuh dengan sendirinya dalam waktu 7-10 hari dengan istirahat memberikan cairan atau minum yang cukup.
Bila keadaan sudah sangat parah seperti timbulnya muntah,diare,dehidrasi atau kejang-kejang segera bawa anak ke rumah sakit. 

Pencegahan dan Pengendalian Penyakit:
Lebih memperhatikan sanitasi lingkungan.
Tidak memakai peralatan makan, mainan, handuk yang memungkinkan terkontaminasi secara bersamaan..
Liburkan anak dari selama sakit agar tidak menulari anak lainnya.
Jaga kebersihan perorangan misalnya dengan membiasakan cuci tangan sebelum makan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar